Kamis, 22 Desember 2016

Air Terjun Semirang/ Curug Semirang

Air Terjun Semirang/ Curug Semirang
Curug semirang memiliki ketinggian airterjun 45 meter dan berada di lereng kaki gunung ungaran. Wahana air terjun ini memiliki luas sekitar 10 ha dan dikelola oleh perum perhutani.
Air terjun Semirang atau yang biasa disebut Curug semirang terletak di dusun gintungan, Desa gogik, kecamatan ungaran barat, Kabupaten Semarang. Apabila dari salatiga, perjalanan dapat ditempuh sekitar 45 menit menggunakan sepeda motor untuk dapat sampai ke area Curug semirang ini. Dengan rute Dari jalan raya solo-semarang belok kiri pada papan nama Curug Semirang atau jalan menuju Stikes Ngudi Waluyo Ungaran. Kemudian mengikuti papan petunjuk arah yang sudah cukup jelas di sekitar lokasi.
Sampai di area wisata Curug Semirang di dusun gintungan, akan ditemui area parkir sederhana yang dikelola penduduk sekitar. Dengan membayar uang parkir 2000 rupiah, anda dapat dengan tenang meninggalkan kendaraan anda disana.
Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju loket wisata Curug semirang. Satu orang di bandrol harga tiket 5000 rupiah (pada hari biasa dan apabila belum naik ya). Cukup terjangkau kan. Sebelumnya jangan membayangkan kalau kita sudah sampai di air terjunnya lhoo ya. Perjalanan sesungguhnya baru akan dimulai. Untuk sampai di air terjun Semirang, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 950 m. Ya hampir 1 km. Lumayan sekalian olahraga dan menikmati hutan. Hehe
Pada awal perjalanan kita akan menemui mushola, warung, dan papan peraturan dan himbauan setelah itu kita hanya akan melewati jalan setapak atau dua tapak, terkadang melewati tanah berbatu. Tapi jangan khawatir, jalannya aman kok. Selama perjalanan pengunjung disuguhkan beberapa hal yang menarik. Seperti sungai aliran dari Curug Semirang, kicauan burung yang hidup bebas di hutan, udara bebas polusi. Ada juga toilet di jalur menuju curug semirang. Oh iya, pengunjung dalam melakukan perjalanan juga akan menyebrangi sungai kecil dengan bebatuan yang agak licin. Santai, tidak berbahaya. Malah menyenangkan. Sekitar 200 meter sebelum sampai lokasi air terjun, gemericik air sudah dapat terdengar di telinga pengunjung.
Sekitar berjalan sekitar 30-45 menit, barulah pengunjung sampai di air terjun Semirang. Angin berhembus sangat kencang mampu menghapuskan keringat pada tubuh. Pengunjung akan langsung dapat menikmati air terjun setinggi 45 meter tersebut. Airnya jernih, bersih, bening, dan dingin. Sungguh menyegarkan. Pengunjung dapat mandi atau bermain air di bawah air terjun semirang. Disana juga ada tempat ganti pakaian yang sebenarnya kurang memadai. Tapi ya cukuplah. Apabila perut lapar, kira-kira 50 meter dari air terjun ada warung menjual makanan dan minuman yang harganya standar. Standar tempat wisata maksudnya. Hehe

Sekian pengalaman piknik kami. Sisihkan uangmu, langkahkan kakimu, tangkap potret keindahan alam melalui kedua lensamu.
Dari saya pecinta es susu coklat. Penikmat lembayung senja, sunrise, sunset, kabut, dan kamu.. tunggu kisah kami berikutnya.
Follow IG @rizkyamaalliiaa ya untuk lihat lebih banyak lihat galeri leea.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar