Minggu, 09 April 2017

Hutan Pinus Grenden di Pogalan Magelang, Liburan Paket Komplit

Hutan Pinus Grenden di Pogalan Magelang, Liburan Paket Komplit
Dalam tulisan kali ini kami ingin berbagi kisah dan pengalaman selama jalan-jalan. Masih di hawa yang dingin dingin syahdu gitu, kalau di postingan lalu di kawasan selo, kali ini melesat menyebrangi gunung merbabu ke daerah magelang yaitu ke konsevasri alam Grenden. Mungkin sudah banyak yang kenal dengan tempat wisata yang satu ini, untuk yang belum tahu bisa disimak tulisan leea kali ini yes.
Konservasi alam Grenden merupakan wisata alam yang menyajikan berbagai macam pilihan wisata yang dapat dinikmati mulai usia belia hingga dewasa menjelang tua. Sesuai namanya, wisata grenden ini terletak di Dusun Grenden, Desa Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa tengah. Berada di lereng gunung merbabu, desa ini memiliki udara yang dingin dan pemandangan yang menakjubkan. Lalu, apa saja wisata yang ada di grenden ini? Banyaaak sekali, antara lain
1.      Hutan pinus
2.      Tebing batu rembesan
3.      Mandi kabut
4.      Suara kicau burung
5.      View 1600 mdpl
6.      Spot selfi
7.      Flying fox
8.      Downhill
9.      Prewedding
10.  Sunset
11.  Outbond
12.  Campground
Banyak sekali bukan? Tertarik liburan bersama terkasih ke tempat indah ini? Dikesempatan yang berbahagia ini sekalian akan ku share rute menuju ke surga tersembunyi ini. Di pahami ya.
Jika kalian dari salatiga, arahkan kendaraan kalian ke arah kopeng, ikuti jalan saja hingga ketemu pertigaan arah ke ketep pass. kemudian ikuti jalan menuju gardu pandang ketep pass dan top selfi. Grenden ini terletak di kiri jalan setelah top selfi dan sebelum ketep pass. Alangkah indahnya jika berlibur ke grenden sekalian mampir ke top selfi dan ketep pass sekalian ya.
Jika kalian dari arah borobudur, maka letak wisata ini di kanan jalan setelah ketep pass dan sebelum top selfi. Kalian akan melihat MMT besar bertuliskan GRENDEN dan berbagai wisata yang ditawarkan.
Setelah MMT grenden tersebut, kalian hanya butuh untuk mengikuti jalan yang cukup mengerikan. Jalannya sudah lumayan, tanah diberi alas batu batu yang disusun sungguh cantik. Kemudian akan melewati pemukiman penduduk dan melewati jalan dua tapak. Cukup sepi, tapi jangan khawatir, bebas begal. insyaAllah.
Untuk biaya masuknya, Ketika kami berlibur, kami hanya berdua. Kami dikenai biaya masuk 3000 rupiah perorang. Dan 2000 untuk parkir motor. Mungkin akan sedikit naik jika hari libur.
Okay, akan kita kupas satu persatu wana wisata tersebut.
1.      Hutan pinus
Jika sudah sampai di loket grenden, kalian sudah akan melihan hutan pinus ini. Hutan pinus yang sangat lebat, sejauh mata memandang pandangan kita akan didominasi oleh pohon tinggi berbatang langsing ini. Tidak kalah cantiknya jika dibandingkan beberapa hutan pinus yang sudah terkenal beberapa tahun ini.
2.      Tebing batu rembesan
Ini nih yang berhasil membuat leea penasaran. Maksudnya apa sih kok namanya menakutkan plus unik begitu? Kemudian kami menemukan arah menuju tebing batu tersebut. Awalnya ragu, karna jalannya cukup sempit dan terlihat licin. Tapi karena memang penasaran, kita terjang saja. Jalan menuju tebing batu rembesan cukup jauh, menguras tenaga dan menguji nyali. Kanan jalan sudah benar-benar jurang. Apa jadinya apabila kita terperosok kedalam? Jangan di bayangkan.
Pemandangan menuju tebing batu luar biasa indahnya. Jurang berpadu dengan hijaunya hutan lebat dan ada anak sungai yang membelah hutan tersebut. Ah kalian harus melihatnya sendiri. Benar-benar indah.
Kemudian kami sampai di batu-batu besar dan kita harus melewati di bawahnya, duh mikir macem-macem lagi nih. Gimana kalau batunya roboh? Jadi apa kita? Jangan di bayangkan. Dibalik batu tersebut, pertanyaan tentang tebing batu rembesan terjawab sudah. Jadi ini benar-benar tebing batu pada umumnya. Keunikannya, tebing ini mengeluarkan air yang terus mengalir jadi nampak seperti hujan gerimis seperti itu. Di depan tebing nampak pemandangan hijau bercampur kabut lembut, kala itu.
pakai payung biar gak kehujanan ya..
3.      Mandi kabut
Mandi kabut artinya kita akan berkawan dengan kabut apabila kabut sedang turun di tempat ini. Mandi kabut ini dapat dijumpai apabila hari sudah cukup sore. Sekitar pukul 14.00 WIB. Bai pecinta kabut, pasti sukaaaa.
4.      Suara kicau burung
Di grenden ini masih sangat asri, burung burung pun banyak kita jumpai jenisnya disini. Mulai dari plentet hingga elang. Iya elang, kagum banget leea saat melihat elang terbang di atas pohon pinus. Kayaknya ini kali pertama leea menyaksikan elang jarak dekat deh. (Ndesooo) hehe
5.      View 1600 mdpl
Pemandangan kota magelang dapat kita saksikan dari tempat wisata ini jika sedang cerah. 1600 mdpl? Cukup tinggi ya.
6.      Spot selfi
Spot selfi disini sangat banyak. Mulai dari jembatan hati, rumah kurcaci, menara tinggi banget ga tau namanya, ayunan, kalimat-kalimat menggelitik dan masih banyak lagi. kalau pengen ber-hammock ria juga bisa loh.. gak punya hammock? Jangan khawatir, ada yang menyewakan hammock dengan harga terjangkau. Yakni cukup 5000 rupiah.
7.      Flying fox
Ada flying fox juga lhoo. Lengkap kan?  Cukup panjang lintasan flying fox  nya, 130 meter dengan bonus pemandangan yang aduhai indah dipandang mata. Cocok buat yang mengajak piknik sang buah hati.
8.      Downhill
Bagi kalian yang menyukai tantangan, boleh di coba ber downhill ria disini. Tentunya dengan trek yang bermacam-macam. Mulai ringan, berat, hingga sangat berat. Mau coba?
9.      Prewedding
Ga perlu dijelaskan yeee. Malah buat baper leea. huhuhu
10.  Sunset
Sunset itu matahari terbenam (buat yang belum tau leea kasih tahu). Bagi pecinta sunset kaya leea, tempat ini boleh dicoba. Meskipun leea juga belum pernah nyobain sunset disini. Hehe
11.  Outbond
Berhubung leea kesana pas nggak hari libur, jadi leea ga tau dimana tempat outbond nya.
12.  Campground
Kalau pengen camping ceria bisa kesini. ga kalah indahnya dengan yang di ungaran lhoo. Lahannya cukup luas. 50 tenda pun kayaknya muat.
Fasilitasnya cukup lengkap, ada tempat parkir, warung warung dengan harga wajar, toilet, dll.
Sekian pengalaman piknik kami. Sisihkan uangmu, langkahkan kakimu, tangkap potret keindahan alam melalui kedua lensamu.
Dari saya pecinta es susu coklat. Penikmat lembayung senja, sunrise, sunset, kabut, dan kamu.. tunggu kisah kami berikutnya.
Follow IG @rizkyamaalliiaa ya untuk lihat lebih banyak lihat galeri leea.



ini baru awal perjalanannya

pemandangan sebelum tebing batu rembesan

tebing batu

kapan kita prewed???


itu belakang ada menara dan rumah kurcaci. gak sempat kesana soalnya dikejar waktu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar