Kamis, 15 Juni 2017

Bukit Harapan Cuntel, Pohon Kering diatas Bukit

Bukit Harapan Cuntel, Pohon Kering diatas Bukit
Cuntel, Sebuah nama desa yang tentunya sudah tidak asing bagi pendaki yang pernah menapakkan kakinya di Gunung Merbabu karena Cuntel merupakan salah satu jalur favorit pendakian gunung tersebut. Desa ini merupakan desa terakhir menuju ke puncak merbabu melalui sisi utara. Namun yang akan kami sampaikan saat ini bukan tentang pendakian gunung merbabu, melainkan wisata yang cukup memanjakan mata di Desa Cuntel ini sendiri. Yakni BHC atau Bukit Harapan Cuntel.
Bukit Harapan Cuntel atau yang biasa disebut BHC merupakan wisata yang menyuguhkan pemandangan yang sungguh indah. Wisata ini terletak di Cuntel, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kab. Semarang. Tempat wisata ini terdapat sebuah pohon kering yang terdapat papan tanpa atap dan disertai tangga untuk membantu kita sampai ke atas. Pohon kering tersebut merupakan ikon tempat ini.
Rute menuju wisata ini tidaklah sulit. Jika teman-teman dari semarang, salatiga, atau solo yang pertama harus dicari adalah perempatan salib putih yang berada di jalan lingkar selatan Salatiga, kemudian ke arah barat sekitar 15 km menuju Kopeng. Sebelum taman Wisata Keluarga Kopeng, terdapat pertigaan yang terdapat arah ke basecamp Merbabu, kalian cukup ikuti petunjuk tersebut. Sesampainya di basecamp Merbabu, kita masih perlu belok ke kanan dan ikuti petunjuk ke BHC/Pohon Kering. Oh ya, sebelum basecamp juga ada wisata Pohon Kering, tapi bukan itu yang saya maksud di tulisan kali ini.
Sebelum sampai di lokasi, kita perlu memarkirkan kendaraan kita di lahan parkir yang telah disediakan oleh warga. Kita dikenakan biaya Rp. 2000 untuk parkir sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil. Kemudian kami harus berjalan sekitar 50m untuk sampai di pohon kering. Sesampai di pohon kering, kita dikenakan biaya Rp. 2000 per orang. Sangat terjangkau bukan?
Nah kita sudah sampai dilokasi, dari sini kita dapat melihat Gunung Telomoyo, Gunung Andong dengan sangat jelas. Rawa Pening juga terlihat dari atas sini. Tentunya pemandangan seperti disini tidak bisa kita nikmati disembarang tempat.
Selain terdapat pohon kering, wisata ini dilengkapi dengan gazebo-gazebo sekedar untuk melepas lelah, juga ada ayunan serta warung. Tempat wisata ini sudah cukup baik, hanya saja lahannya yang terlalu sempit sehingga membuat kita harus sedikit menunggu jika ingin berfoto. Tapi secara keseluruhan sudah bagus kok.
Sekian pengalaman piknik kami. Sisihkan uangmu, langkahkan kakimu, tangkap potret keindahan alam melalui kedua lensamu.
Dari saya pecinta es susu coklat. Penikmat lembayung senja, sunrise, sunset, kabut, dan kamu.. tunggu kisah kami berikutnya.

Follow IG @rizkyamaalliiaa ya untuk lihat lebih banyak lihat galeri leea.



ini pohon kering yang menjadi ikon

ini pohon sebelah. bukan di BHC ya

pohon kering bukit harapan cuntel

ada ayunannya juga lhoo

di kaki gunung merbabu



Tidak ada komentar:

Posting Komentar